17 Feb

PARTISIPASI BUS LISTRIK E-INOBUS DI ENGINEERING EXPO BALIKPAPAN 2023

    Bus Listrik E-Inobus produksi dari PT INKA (Persero) yang didukung juga oleh PT IMST, turut hadir dalam display Expo Engineering pada rangkaian Rapat Pimpinan Nasional Persatuan Insinyur Indonesia (Rapimnas PII) tanggal 20 –22 Januari 2023 di kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

    Acara yang dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bp. Suharso Monoarfa memiliki beberapa tujuan, salah satunya untuk meningkatkan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) berbasis inovasi. Mengingat Bus Listrik E-Inobus tipe medium ukuran 8M tersebut memiliki tingkat kandungan dalam negeri yang cukup tinggi, sekitar 46 hingga 50 persen.

    Selain itu, menurut Staff Divisi Riset dan Pengembangan PT INKA, Erwin Avianto, bus listrik E-Inobus bisa ikut serta dalam partisipasi akses transportasi massal di wilayah IKN Nusantara kedepannya. Namun bus listrik E-Inobus dinilai masih perlu untuk dilakukan peningkatan atau upgrade spesifikasi, melihat kondisi geografis di wilayah IKN Nusantara yang merupakan kawasan perbukitan.

    Sebagai info, bus listrik yang berjumlah sekitar 30 buah ini mulai beroperasi beberapa di kota Surabaya dan Bandung sebagai Layanan Angkut Kota. Bekerjasama dengan PERUM DAMRI sebagai operator, bus listrik E-Inobus bisa menjadi salah satu opsi moda transportasi ramah lingkungan di perkotaan.

    Share this